suatu catatan ttg harga baju usang….

Cerita Tentang Harga Baju Usang menyentuh gw…..

Pengalaman yang sama karena orang melihat apa yang mereka lihat secara kasat mata, tukang sol sepatu, pemulung, dan pekerjaan lainnya yang begitu rendah dimata Manusia tapi berharga dimata Tuhan…

suatu hari hp gw bunyi, stelah gw liat ternyata dari andre, gw angkat dan nanyain dia mau apa.. andre jawab gw harus jemput dia dalam waktu 15 menit… gila… 15 menit dari tol bandara ke arah pancoran jam 11 siang… lagi macet-macetnya jakarta booo… secara gw supir taxi taulah daerah macet jam jam segitu…

Tapi karena yang minta sahabat gw… okelah gw babat habis jalanan tol, tan-tin ta- tin klakson gw bunyi kalo ada yang halangi jalan gw… secara pake soluna gitu… agak gesit lah… 20 menit gw sampe di kantornya andre… hehehe.. kalo biasa seh 45 menit itu kalo lancar… ini pake macet di grogol sama slipi.

Sampe di kantornya andre gw telpon 5 menit andre keluar gw pikir asik neh ke cargo cengkareng neh… dah kebayang dalam pikiran gw target hari itu… tapi andre bilang mau ke kantor Walikota ngurusin pathfinder in action bersih kali ciliwung.. jemput dulu temennya yang gw nga kenal…. oke lah jadi….

jemputnya cuma samping kantor.. nunggu 10 menit gw bisa interview andre apa aja yang dibuat pathfinder klub dki. gw ngerti jalan pikiran andre… yah udah nunggu dech kita…

lalu keluarlah seorang ibu2 masuk taksi gw dan seperti kebiasaan dan standard operation prosedurenya perusahaan taxi gw senyum, sapa, salam ke ibu itu…

Eudddannn… dah ramah gw sapa dan kasih salam gw disuruh kencengin AC nya ” pak tambahin ac-nya…!!!” msh sopan gw jawab baik bu… gw naikin volume ac ke tingkat 3… masih juga gw di bentak naikin Ac-nya…

waduuhhh… yah udah dech.. gw masih sabar aja… oke bu.. padahal gw dikasih tau kalo dia seorang Master Guide dan ketua MGC DKI…. iiihhh ini nyebelin banget dech gitu dech dalam hati gw… engga tau apa gw mantan Ketua MG DKI… yah udah lah gw sabar aja.. gw tanyain tujuannya ke andre.. ehh.. kaya geledek aja nyambernya

” ke Kantor Walikota Jakarta Pusat Pak…!!” jawab ibu tersebut (emang gw nanya ke elo… dalam hati gw..)

“baik bu… biasanya bapak ibu lewat mana ya…???” tanya gw,

“lewat yang nga macet pak..!!!” jawab ibu itu lagi (padahal gw harapin andre yang jawab…)

“aduh maaf Bu, jam makan seperti ini semuanya macet… jadi gimana? kita mau lewat mana…???” kata gw

“Terserah bapak aja dech pokoknya sampe sebelum jam 12…” kata ibu itu.. (gila apa kalo mau ke rumah sakit seh boleh… kata hati gw lagi…)

dengan tersenyum Gw Jawab ” waduh bu… gimana maaf ga bisa terserah saya begitu… nanti kalo saya lewatin bogor gimana…??? (hi..hi..hi..)

andre yang dari tadi diem aja jawab… “lewat semanggi aja trus ke walikota lewat thamrin….””

“baik pak….” jawab gw…(uuh.. kalo cuma sendirian gw jitak loe ndre… temen elo reseh amat seh… kata hati gw lagi)

“Iya Pak ngebut yah Pak…. yang cepet…!!! (habis sudah kesabaran gw… perlu dikerjain nih orang…)

Gw Diem gitu… cuma 2 menit gw dapet ide..( cling….)

“si Billy gimana.. dah Sembuh…???” tanya gw ke andre… anaknya andre namanya “billy the kid” (biar tau rasa neh ibu… terpaksa gw keluar dengan segala apa yang gw punya padahal gw nga seperti itu….)

“belum masih sakit..” jawab Andre singkat,

“Doni Gimana..??” gw tanya ke andre ttg sahabat gw yang satu lagi….

“Ada…” jawab andre… ( ini orang emang suka singkat2 jawabnya..)

“Glenn..?? ” tanya gw lagi….

yeee.. pancingan gw kena… lansung si tukang nyamber nanya..

“Ndre.. bapa ini siapa seh..?? kok kenal sama doni sama Glenn…??? ( ha..ha..ha..ha.. belum tau dia…)

andre jawab ” tanya aja Sendiri…” (huahuahua… andre dah ikutan bermain… gw liat dr matanya yg iseng…)

gw di tanya bapa siapa..?? gw jawab “saya Julian Bu… Liat aja Kartu Pengenal saya…”

“bapa Master Guide yah…???” tanya ibu itu lagi

“bukan bu.. saya bukan master guide..” (wong gw supir taksi kok.. hehehe…)

ndre yang bener bapa ini sapa…??? tanya ibu itu lagi ke andre… karena mungkin ngerasa nada gw dah ga enak kalinya jawabnya…(makanya jadi Master Guide kok Belagu, nga Sopan lagi)

andre Jawab ” Dia sama sama Kita di Krampul… selalu jalan sama sama, kerja bareng…”

ooohhhh… jadi panggil kk dong… kata ibu itu…

gw dengan tegas bilang.. Maaf saya bukan Master Guide… (biar tau diri tuch orang… master guide itu bukanlah suatu kesombongan, tapi memikul salib yesus, merendahkan hatinya kepada Juruselamat dan manusia).

Sejak Saat Itulah gw janji sama Diri Gw… gw harus kembali lagi kepadaNya… mengembalikan Corps Master Guide pada Jalurnya… jangan sampai ada orang yang sebagai Pemimpin Master Guide Melakukan yang Tidak Sopan… apa nga sakit hati gw…. digituin sama seorang Master Guide…???

setelah beberapa kali pertemuan barulah… gw sadari kelemahan dan kelebihan ibu tersebut di Konfrens… salut gw karena walaupun sudah paruh baya.. tapi semangatnya patut diacungin jempol… soal kerjaaan hem.. ada kurang2nya seh tapi msh manusiawi lah…. bekerja dibawahnya memang butuh kesabaran extra yang gw nga punya…. hehehe…. sampai sekarang gw nga tau tuch semangat datengnya dari mana…??? dah gw caci maki, gw marah, gw cuek masih aja semangat… itu yang perlu gw belajar dari ibu tersebut.

btw… akhir gw juga sama sama belajar sama dia.. gw belajar untuk tidak terlalu frontal dalam menyampaikan pendapat gw yang mungkin membuat orang sakit hati. belajar menggunakan bahasa yang halus atau mencari kata kata yang tidak menyakitkan bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

