MEMILIH DAN MERAWAT RANSEL YANG BAIK

TIPS MEMILIH RANSEL YANG BAIK

Ukuran tubuh (panggul sampai pundak)
Untuk mendapatkan ransel yang pas, harus diketahui panjang dari tubuh. Caranya, ukurlah dari tulang punggung yang ke tujuh ( Tulang yang menonjol tepat dibawah tekuk/leher bagian belakang) kebawah mengikuti kontur tulang punggung sampai ke titik bawah antara tulang pinggul. Cek kedua sisi pinggang
Saat mencoba ransel, pastikan kedua belah ikat pinggangnya berada pada posisi yang pas, tepat pada tonjolan tulang pinggang, bukan pada pinggang. Berat secara keseluruhan akan ditahan oleh ikat pinggang ransel, jadi pastikan posisinya nyaman dan pas tanpa tergeser.

Latihlah dengan sabar.
Ransel merupakan peralatan yang sangat penting, jadi sediakanlah waktu yang cukup saat memilihnya. Sebelum meninggalkan toko, masukan seluruh perlengkapan yang biasa dibawa kedalam duffel bag. dan masukan kedalam ransel yang akan dibeli, lalu cobalah memakai ransel itu berjalan disekitar toko selama kira-kira 20 menit. Ini untuk memastikan peralatan pas didalamnya dan ransel bisa mnampung berat secara baik dan nyaman

Berbaiklah pada diri sendiri.
Belilah ransel terbaik yang bisa dan mampu dibeli, selama itu cocok dan pas. ketahanan dan kwalitas sebenarnya berada pada posisi setelah kenyamanan yang merupakan poin yang paling penting. buat apa membeli ransel yang berkwalitas dan bermutu hebat akan tetapi ukurannya tidak cocok bagi diri sendiri.

Kenalilah berat yang akan dibawa
Tentukan apa dan bagaimana yang akan dibawa. Lamanya waktu perjalanan, 1 atau 2 malam. Apakah akan hiking di musim hujan? atau untuk perjalanan pendek dimusim panas, mungkin hanya akan membutuhkan ransel kecil saja. Akan tetapi jika perjalanan ke gunung salju, akan lebih membutuhkan kapasitas dan tambahan tempat untuk menempatkan peralatan external.

Kenali jalan setapaknya
Jika berencana untuk menempuh jalur pendakian yang melewati jalan setapak yang terawat rapi, Jenis ransel dengan external frame mungkin akan jadi pilihan yang baik juga. Akan tetapi jika kondisi jalan setapak lebih berat dan kondisi medannya juga berat dimana faktor keseimbangan sangat diperlukan, maka ransel dengan jenis internal frame akan lebih nyaman dipakai.

Pikirkan perubahan yang mungkin terjadi
Jika akan mendaki dengan sistem pendakian ke puncak setelah mendirikan tenda di setengah atau seperempat bagian menuju puncak. Maka pikirkan juga untuk memilih ransel yang bisa dirubah ukurannya menjadi ukuran daypack.

hormatilah tabiatmu yang kadang aneh.
Ransel tidak ubahnya seperti pacar atau istri, jadi tidak seharusnya jika berharap setelah mendapatkanya akan merubah kebiasaan yang buruk. Jika mempunyai personal moto ” Tempat untuk semuanya dan semuanya didalam tempatnya.” maka pilihlah ransel yang banyak kantongnya. Jika ingin mengambil botol air saat berjalan, jangan pilih ransel yang mempunyai kantong yang jauh dari jangkauan, yang akan membuat frustasi saat akan menjakau sesuatu didalamnya.

Rencanakan dengan teman.
Jika akan mendaki dengan teman atau dengan grup, hitunglah berapa perlengkapan grup (tenda, kompor, makanan, dll) yang akan dibawa. Kemudian belilah ransel yang cocok dengan berat jatah anda.

Pikirkan tempat minuman
JIka anda menyukai jenis tempat minuman yang bertipe hydration tube, maka carilah ransel yang sudah terbuat menyatukan hydration tube dengan ransel atau bisa juga memilih ransel yang mempunyai kantong disisi bawahnya yang pas dengan ukuran sebuah botol minum.

TIPS MEMELIHARA RANSEL YANG BAIK

Berikut beberapa point cara yang gampang dalam memelihara ransel anda. Ransel sama ibaratnya dengan kekasih anda sewaktu berada di alam bebas, dia selalu dekat dengan anda. Maka untuk menjaga agar si ransel tetap nyaman dibadan anda berikut tips cara memeliharanya.

Packinglah item yang tajam seperti kompor dengan packingan yang cukup keras, secara hati-hati sehingga tidak menonjol dipunggung anda atau mebuat lubang pada material ransel anda.

Buanglah semua bungkus makanan dari ransel anda, jangan biarkan remah-remah snack didalam ransel. Ransel yang bau akan mengundang lapar serangga dan binatang-binatang tertentu.

Bersihkan selalu ransel setiap pulang perjalanan. Biarkan semua zipper kantong dan kompartemen terbuka kemuadian kibas-kibaskan agar semua remah, kotoran, pasir dan kulit kayu yang mungkin masuk secara tidak sengaja.

Jika ransel benar-benar kotor, cucilah dengan mild soap (sabun tanpa bahan deterjen khusus buat bahan water proof) dan air hangat. Jemurlah jauh dari sinar matahari, karena sinar ultra violet bisa merusak bahan nylon secara mengejutkan dalam tempo yang singkat.

Lakukan pemeliharaan dasar, Jahitlah setiap robekan atau jahitan yang lepas dengan peniti yang cukup kuat dan tambal juga. Jika strap nilonnya rusak atau menjadi keriting, bakarlah sedikit ujung yang rusak tersebut dengan api agar bagian yang bercerai-berai tersebut jadi satu lagi.

Cek lah jika ada bunyi deritan yang mengganggu pada external framenya.

Gantilah setiap clevis pin dan split ring yang rusak.

Bawalah juga cadangan clevis pin dan beberapa split ring jika anda mempunyai ransel dengan internal frame. Unit-unit kecil ini suka hilang disaat yang sangat tidak diharapkan.

Periksalah ransel anda jika lapisan tahan airnya mengalami pengurangan serta pada bagian yang penting seperti sabuk pinggang, strap bahu, dan suspensi stabilisernya. Strap bahu yang mengembang bisa menyebabkan masalah pada perjalanan anda. Perbaiki reseleting yang rusak sebelum dia benar-benar tidak bisa dipakai.

Simpanlah ransel anda pada tempat yang dingin dan kering, untuk menghindarinya dari pelapukan yang bisa merusak bahan lapisan tahan airnya.

2 Tanggapan to “MEMILIH DAN MERAWAT RANSEL YANG BAIK”

  1. tips yg sangat bermanfaat trims..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: