Tentang Pathfinder Club

Pathfinder Club adalah kegiatan di luar sekolah bagi anak-anak remaja usia 10-16 tahun yang diadakan oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh…

Kegiatan in bertujuan agar remaja mempunyai suatu kegiatan yang positif yang berpusat pada Yesus Kristus dan Mempunyai Keahlian-keahlian yang mendukung pelayanan kepada Tuhan Maupun kepada Manusia dan alam sekitarnya…

Kegiatan Alam Terbuka, Hobby, Outreach ministry, dan Keahlian lainnya adalah suatu metode untuk mendekatkan diri anak anak muda kepada kasih kristus…

Dan weblog di buat agar para pembina, instruktur atau siapapun yang tertarik akan kegiatan ini dapat berdiskusi, berbagi pengalaman, dan keahlian yang dipunyai sehingga dapat menjadi suatu persatuan yang indah dalam kasih Kristus….

45 Tanggapan to “Tentang Pathfinder Club”

  1. salam sejahtera. selama ini pathfinder club belum di jalankan sebaik-baiknya dalam organisasi pemuda advent. sehingga pemuda advent saat ini bingung dan malu pada saat kegiatan pathfinder dilangsungkan. pathfinder saat ini di cap oleh pemuda-pemuda advent saat ini adalah tempat dimana orang-orang yang tidak jadi masuk militer atau kepolisian sehingga masuk pathfinder. dan adapula yang mengatakan pathfinder itu hanya untuk anak-anak.
    kegiatan pathfinder saat ini tidak efektif sebagaimana mestinya.
    sementara organisasi atau agama tetangga melakukan kegiatn pemuda sehingga membuat ketertarikan dari pemuda-pemuda advent yang mempunyai sahabat di agama tetangga untuk mengikuti kegiatan.
    apakah kita akan membiarkan domba-domba kita hilang.
    apakah kita akan membiarka orang muda kita pergi padahal kita sedang menjalankan pekabaran dan penarikan kepada orang-orang yang belum mengikti jalan yang sebagaimana mestinya….?

  2. pathfinderclub Says:

    1. Memang Benar Reagen, Pathfinder Club Belum Dijalankan dengan baik di konfrens DKI, tetapi daripada tidak ada, apa yang sudah berjalan ini paling tidak menjadi sesuatu tanda pergerakan dari pemuda Advent. Gerakan ini perlu disempurnakan agar semakin baik lagi… Kalo Bukan Oleh Kita, Oleh Siapa lagi yang akan memperbaiki Pathfinder Club di Jakarta Ini…??? apa kita menunggu sampai Yesus Datang…???

    2. Jika Memang Pemuda Advent saat ini bingung dan malu pada saat kegiatan Pathfinder, kenapa kita harus malu… kenapa harus bingung karena ini adalah pekerjaan Tuhan… apakah kita juga malu dan bingung jika bertemu dengan Tuhan kita…??? jadi kita sendirilah yang seharusnya berpikir positif akan kegiatan Pathfinder itu… kami percaya kegiatan ini hanyalah untuk kemuliaan Tuhan semata… lebih dari itu adalah karena kami manusia yang berdosa yang tidak sempurna…

    3. Kalau kegiatan Pathfinder tidak Efektif, sekarang bagaimana kita mengefektifkannya dengan keterlibatan kita sendiri dalam kegiatan tersebut sehingga kita lebih mengetahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing kita

  3. pathfinderclub Says:

    About Pathfinders

    Pathfinders is a worldwide program organised and directed by the Youth Ministries Department of the Seventh-day Adventist Church. Catering for young people between the age of 10 and 16 (and/or in Year 5-10 or equivalents), Pathfinders offers a wide range of learning experiences that are designed to shape positive values and enable young people to reach their full potential.

    Much of the program has to do with outdoor/nature activites which create self-confidence and an appreciation of God’s creation. Such activities include camping, hiking, canoeing and expeditions.

    The course offers 6 levels, with one last level designed for those who would like to be involved in Pathfinder leadership.

    Scores of prepared special intrest activities are also available where pathfinders are able to focus on intrest areas that appeal to them.

    Philosophy of Pathfinders

    1. Help the Pathfinders to understand that God loves them, cares for them and appreciates them.
    2. Encourage Pathfinders to discover their own God-given potential.
    3. Inspire Pathfinders to give personal expression of their love for God.
    4. Make the number one priority of the club program the personal salvation of every Pathfinder.
    5. Build into a Pathfinder’s life a healthy appreciation and love for God’s creation.
    6. Teach Pathfinders specific skills and hobbies that will make their lives more meaningful and will occupy their time with profitable accomplishments.
    7. Encourage the Pathfinder to keep physically fit.
    8. Give opportunity to develop and enlist leadership.
    9. Seek to foster the harmonious development of the physical, social, intellectual and spiritual life of the Pathfinder.

    To maintain the Pathfinder spirit, each Pathfinder learns the Pathfinder pledge and law.

    Pathfinder Pledge

    Loving the Lord my God, I will
    Daily seek His presence,
    Show friendship to others,
    Keep the Pathfinder law
    Honor my country

    Pathfinder Law

    The Pathfinder law is for me to:
    Look for the good in others
    Aim to do my best
    Love and respect my family
    Be thankful for what I have
    Preserve God’s creation
    Take care of my health
    Be involved in my church
    Go where He sends.

  4. mari menginjil

  5. hezron desana Says:

    mari kita majukan pathfinder indonesia khususnya di DKI!!

  6. hezron destana Says:

    mari kita majukan pathfinder indonesia khususnya DKI. . Pathfinder dilatih untuk menjadi pemimpin digereja. dan dimanapun ia dbutuhkan. . chayo! apakah situs ini masi aktif(saya hanya beri masukan agar disosialisasikan lagi lewat jejaring social dan dr mulut ke mulut) thx maju terus pathfinder indonesia!

  7. hezron_destana Says:

    kalo boleh tau yang urus siapa yah???
    hehehe
    punya facebook nggak??

  8. buat tambahan aja..

    Objectives Pathfinder

    Filosofi ini merupakan bagian integral dari klub. The Pathfinder Club kurikulum enam kelas dan hampir 350 Honors terletak di jantung program. Tujuan berikut dapat dicapai sebagai pemimpin klub berusaha untuk memenuhi ini.

    1. Membantu kaum muda untuk memahami bahwa Allah dan gereja-Nya mencintai mereka, merawat mereka, dan menghargai mereka. Seperti Pathfinders diterima dan menegaskan mereka akan mulai menghargai kasih Allah dinyatakan melalui gereja dan pelayanannya, dan merasa perlu untuk lebih berkomitmen dan terlibat dengan program ini.

    2. Dorong Pathfinders untuk menemukan mereka sendiri yang diberikan Tuhan potensi dan untuk menggunakan hadiah dan kemampuan mereka untuk memenuhi harapan Allah bagi mereka dan bagian yang mereka bisa bermain dalam rencana besar keselamatan.

    3. Mengilhami orang muda untuk memberikan ekspresi pribadi cinta mereka bagi Allah dengan menyatukan mereka bersama-sama dalam berbagai kegiatan di alam.

    4. Buatlah nomor satu prioritas program klub Anda keselamatan pribadi setiap Pathfinder. Usia Pathfinder adalah masa ketika banyak keputusan yang dibuat yang akan mempengaruhi hubungan masa depan pemuda dan sendiri pengembangan pribadi. Puncak waktu untuk menemukan dan membuat suatu hubungan dengan Allah tampaknya menjadi sekitar 12 tahun.

    5. Membangun ke dalam kehidupan Pathfinder penghargaan yang sehat dan cinta ciptaan Allah dengan menikmati aktivitas outdoor (campouts, alam berjalan, menghormati alam, dll). Pathfinders akan mengalami perasaan kagum dan ibadah ketika mereka mengamati dan menjelajahi keindahan, keagungan, dan daya kreatif di alam. Persekutuan dengan Allah akan menjadi lebih bermakna.

    6. Pathfinders mengajarkan keterampilan khusus dan hobi yang akan membuat hidup mereka lebih bermakna dan akan menempati waktu mereka dengan prestasi menguntungkan. Kaum muda mengalami kepuasan dan kegembiraan ketika mereka menggunakan tangan mereka untuk mode artikel berguna dari kayu, plastik, besi, tanah liat, merasakan dan benang dan ketika mereka menemukan bagaimana segala sesuatu bekerja dan beroperasi.

    7. Dorong Pathfinder untuk tetap sehat secara fisik. Ini adalah salah satu cara penting untuk menjaga melawan kemalasan dan kebosanan. Mengajarkan anak-anak untuk merawat tubuh mereka dan membangun kebiasaan yang akan menyediakan bagi masa depan mereka kebahagiaan dan kegunaan (bdk. 2T 536, 537; Educ. 195).

    8. Memberikan peluang bagi pengembangan kepemimpinan dengan mendorong anggota klub untuk bekerja bersama-sama dan berbagi tanggung jawab kepemimpinan. Hal ini akan mengajarkan mereka untuk mempelajari pelajaran dari ketaatan, disiplin, akal, patriotisme dan proses dinamika kelompok.

    9. Berusaha untuk mendorong perkembangan harmonis fisik, sosial, intelektual, dan kehidupan rohani Pathfinder. Para invigoration pikiran dan tubuh, pembinaan roh yang tidak mementingkan diri sendiri, perhatian untuk rekreasi dan kegiatan budaya, akan memberikan stimulus bagi pertumbuhan pribadi dan bertindak sebagai saluran untuk energi yang gelisah, yang begitu sering yang merusak sumber bahaya bagi muda orang.

  9. Banyak pelajaran² yang bisa di ambil dari Pathfinder club yang ga diajarkan di organisasi lain seperti Pramuka dll. contohnya :

    untuk kelas Rocketery (pelajaran tentang membuat rocket) apa sih roket itu dan bagaimana cara membuatnya

    trus (Automobile Mechanics) Belajar jadi montir

    trus (House Painting) Cat rumah

    trus Digital photography dan buuuanyak lagi..

    dan juga kelebihan Pathfinder Club ini berbasiskan dengan ajaran Tuhan Yesus. Jadi Pengetahuan kita tambah banyak + kerohanian kita juga semakin tinggi.

    Kekna klo ada yg bilang Pathfinder untuk anak kecil gw rasa klo gw kurang setuju coz blm tentu orang gede itu kuasain 366 Honor (tanda kepahaman) klo kita ga belajar dari skarang mo kapan lagi.

    Emangnya penting gitu 366 honor ?
    ya pentinglah krn 336 honor itu ada di sekitar kita dan dalam kehidupan kita.

  10. Aye.. Aye.. Kapten…
    Senang bisa membantu..

  11. Rachel (Remiey) Says:

    mantap

  12. saya salah seorang pembina d daerah sumatera..
    disini banyak orang muda atau remaja yg masuk ke klub pathfinder tapi terkadang pembina kewalahan karena menghadapi sikap mereka yang masih ingin bermain saja, saya minta bantuan untuk membantu program rencana yang baik untuk 2010 ke depan dan tidak membosankan bagi pathfinder.. agar klub pathfinder bisa lebih maju..
    thx…
    god Bless

    • pathfinderclub Says:

      Coba ikuti Kursus Pembina dan Staff Pathfinder Tingkat Dasar ( PBSTC = Pathfinder Basic Staff Training Course )
      ada penjelasan mengenai bagaimana membina para pathfinder berdasarkan faktor umur, mental, karakter dan Sosialnya… bisa di download, tapi masih dalam bentuk bahasa inggris… cek di NAD website… kalo di jakarta saya siap membantu…

  13. Hermanus Kawer Says:

    Pathfinder………..Siap…..
    halo saya herman dari Papua-Jayapura dir. Pathfinder Jemaat tanjung ria…senang melihat kemajuan di Uni lain….
    Marilah kita melayani karna Tuhan sdh mau datang…
    Tolong y kalau ada perkembangan tentang Pathfinder Bisa kirim g ke alamat email ku…..hermanus_kawer@yahoo.co.id
    GBU

    • pathfinderclub Says:

      terima kasih… kita memang harus sering sharing… jika ada yang perlu di tanyakan, tanyakan saja, jangan malu malu..

  14. Hezron Destana Says:

    aiiih kak julian.. nda bilang2..
    hahahaha..
    kita majukan our Pathfinder in Jakarta kak!!
    hhehehe

  15. ahhhh,bang juliaaan.
    aku kangen pathfinder tapi d sini ga ada yang begitu hehehe

    • pathfinderclub Says:

      coba cari gereja advent disana dhe…. minta ketua jemaat atau pemimpin pemuda buat… Jika itu baik di mata Tuhan, pastinya ada Jalan…

    • pathfinderclub Says:

      Kez…

      Coba di buka kelas Pathfinder di China… kangen dengar kabar tentang Pathfinder di China.. tetap semangat dan berdoa ya Kezia…

  16. Pathfinder……….siap!!!…..

    Kami di Jemaat Klasaman Sorong-Papua Barat baru beberapa bulan ini mengaktifkan kmbali klas kmajuan, meski Jemaat jmaat kmi kcil tpi kmi sngat antusias ntuk terlibat dlm kgiatan Pathfinder ini, mulai dari anak-anak, remaja, orang muda, sampai orang tua.
    Jdi, stiap slesai ibdah sabat smua tdk pulang karna 2 klocil di jemaat kmi(Nafiri & Sangkakala) bergantian membawa makanan stiap sabbath jdi kmi benar2 menghabiskan waktu spnjang sabat hanya di greja(kcuali ada sabat perlawatan atau PA gabungan).

    Kami punya yel-yel stiap x mau memulai kelas………

    “Klasaman…cari tahu talentamu, klasaman kembangkan talentamu!….Klasaman…buat bangga dan bahagia hati Tuhanmu!…Klasaman..yes-yes go!!!

    Dengan mengaktifkan diri dalam Pathfinder ini, sebenarnya kita yg meskipun tlah masuk di klas CMG tetapi bila diminta mengajar di klas anak2 remaja, pasti saja ada hal2 baru yg kita dapatkan disana…..

    Senang skali bisa berbagi informasi jika ada hal-hal penting yg mungkin saudara/i bisa bagikan kepada kami……..

    Salam dari Kami di jemaat Klasaman Sorong-Papua Barat

    • pathfinderclub Says:

      Salam dari Kami Pathfinder Club untuk Pathfinder Club KLASMANAN…

      kami di sini mempunyai Pathfinder Source yang menyediakan Semua Atribut dan Perlengkapan Pathfinder Club, Adventurer Club, Eager Beaver Club, Little Lamb, dan Master Guide… silahkan hubungi 082110001389, 0817432147, 02140978904… selama 24 Jam 6 hari dalam Seminggu…

      Kami Menyediakan Jasa Pelatihan bagi para Instruktur maupun Pembina dengan para Instruktur yang perngalaman di UIKB baik PSTC, PLA maupun Trainer On Training Pathfinder Club. Jika membutuhkan buku buku kami bersedia mengirimkan dalam bentuk PDF dan berbahasa inggris. silahkan kirimkan email ke juliantauran@yahoo.com

      Kami senang Membantu, agar pekerjaan Tuhan di dunia ini cepat selesai, dan pelayanan yang kami pilih adalah pelayananb di kepemudaan khususnya Pathfinder Club. semoga keterangan ini dapat membantu kk kk yang lain yang ingin berdiskusi dan menyediakan perlengkapan bagi club nya masing masing… Terima Kasih

      Julian Tauran

  17. Christian Mangulu Says:

    Ka, saya ingin membuka kelas kemajuan di jemaat kami di Suluan, Tondano-Sulawesi Utara…
    Tetapi kendalanya saya belum mempunyai buku-buku yang lengkap tentang Pathfinder.
    bisa ‘gak saya minta buku-buku Pathfinder dalam format PDF..
    Trima Kasih

  18. kenapa ada pathfinder

    • pathfinderclub Says:

      Pathfinder di adakan untuk menjaga anak2 muda dan remaja tetap berada dalam kebenaran dan merupakan kegiatan yang berpusat pada gereja… dari, oleh dan untuk pemuda/remaja

  19. Update pathfinder news tiap minggu

    • pathfinderclub Says:

      Kami mohon Maaf belum dapat update setiap minggu karena ini adalah self supporting, jadi kadang-kadang menunggu ada koneksi internet terlebih dahulu baru kami bisa update… terima kasih… tolong di doakan…

  20. rei_chan Says:

    terimakasih banyak… semoga website ini terus hidup untuk membantu kami2 yang ingin memajukan pathfinder di daerah masing2… Saya seorang pembina yang ingin menghidupkan kembali pathfinder di gereja saya. setelah saya lulus prana (be2rapa tahun yg lalu) saya bertekad untuk memajukan pathfinder yang sudah beberapa tahun vakum. Saya merasa Pathfinder adalah wadah yang sangat baik untuk mempertahankan anak-anak ini. Karena cukup banyak teman-teman saya yang akhirnya keluar dari kebenaran dan saya tidak ingin hal itu terjadi pada anak-anak. Masalah yang dihadapi cukup banyak, mulai dari adik-adik yang malas, pembina yang hanya 1 orang (saya sendiri), hingga orangtua yang kurang mendukung. Saat ini pathfinder dan adventure di gereja saya sudah mulai membaik. Anak2 semakin rajin dan pembina sudah bertambah. Namun, dukungan orangtua masih kurang. Sering sekali mereka tidak menghiraukan PA dan mengajak anak2 mereka pulang, saya sangat sedih karena hal itu. Untuk itu saya minta dukungan dari sobat sekalian. Sabat ini Pathfinder membawakan acara kebaktian di gereja. Saya ingin berkhotbah (utk pertama kalinya :)) mengenai Pathfinder dan bagaimana organisasi ini dapat menolong anak-anak untuk tetap dalam kebenaran dan menkadi kesukaan bagi Tuhan dan manusia sehingga orangtua lebih mendukung program ini. Terimakasih… mohon doa-doanya…. :)

  21. Jim Mamarimbing Says:

    Doakan Pathfinder Club Jemaat Prisma yang baru dikukuhkan pada 22 Mei 2012 oleh: MG.Pdt. Steven Salainti (UNI) dan MG. Pdt. Ritus Keni (Konferens). Mohon arahan dan masukan dari Kk kk sekalian para pencinta remaja dan pemuda untuk kemajuan Pathfinder club semata…Tuhan Yesus Memberkati.

  22. hai apa kabar pathfinder?
    ka Julian saya boby dari DKM daerah konfrens minahasa saya ada sedikit masalah untuk anak2 pathfinder yg ingin mendapatkan kepahaman2. masalahnya di club kami tidak memiliki buku panduan untuk kepahaman2. tolong bantu kami gimana cara mendapatkan panduan kepahaman.
    trima kasih salam pathfinder
    Karna Kasih Kristus Memaksa Kita..

  23. ayo..go pathfinder indonesia salam dar Pathfinder GMAHK Pionir Bontang, Kalimantan Timur

  24. Hay. .Saya Dir adventurer jem T.ria jayapura papua

    Kegiatan PAITFHINDER adalah kegiatan yg mnyangkut mental,fisik & spiritual,, marilah kita bkerja sama untuk memajukan kegiatan ini,,,sy minta agar stiap kegiatan yg br mungkin bsh di bagikan ke alamat email sy wambrauwsallo@yahoo.com.
    Trimakasih,, Tuhan memberkati,,

    Maju trus

    • pathfinderclub Says:

      Kalau ikut perkemahan di Ambon bisa di tanya di sana karena narasumber nya lansung dari uni barat dan Timur

  25. terimakasih atas tulisan2 yg ada. kami jemaat banyumas adalah jemaat kecil dg aNGGOTA patfinder 10an anak. master guide blm ADA. tapi saya mulai aja demi kemuliaan nama Tuhan. tidak tahu pas atau tidak dari program patfinder pd umumnya. semoga Tuhan saja yg akan menambahkankannya.. lo ada masukan silahkankan
    HP : 081327091290

    • pathfinderclub Says:

      Tetap SEMANGAT….

      Gereja Kami di mulai dari 5 Orang muda yang selalu kesulitan dalam memajukan Pathfinder di Gereja, namun lambat laun dengan Doa dan Usaha, semua perjuangan kami tidak lah sia-sia, sekarang sudah banyak kemajuan di gereja kami… Tuhan Tidak tutup mata atas niat dan usaha yang tulus dari umat nya untuk Hormat dan Kepujian Nama Tuhan…

  26. enda unawekla Says:

    hallo kak julian,, kami skarang uda buka klas baru lagi buat anak-anak yang lain, tolong doakan kami yaa kak biar tetap maju dalam pekerjaan Tuhan ..
    slm Pathfinder dari jemaat Ambon Pusat .. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: